Picture-In-View

Informasi Seputar Bali

Pura Taman Ayun Mengwi Denpasar Bali

 
Pura Taman Ayun adalah Pura Kerajaan Mengwi yang  terletak di Mengwi Desa, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung dan sekitar 18 Km sebelah utara kota Denpasar. Ini adalah tempat indah untuk dikunjungi pada liburan Anda di Bali.  Pura Taman Ayun merupakan salah satu Pura Hindu di Bali menjadi tujuan wisata yang telah dikunjungi oleh banyak wisatawan dari lokal dan asing. Pura ini biasanya dikunjungi oleh wisatawan setelah mengujungi  Pura Tanah Lot karena masih dalam satu rute.
Fungsi Pura Taman Ayun adalah tempat untuk berdoa dalam manifestasi dewa mereka. Hal ini sesuai dengan isi Babad Mengwi dan keberadaan struktur bangunan candi, terutama candi yang terletak di daerah ketiga (Jeroan). Menurut Astadewata, Tuhan khusus dipuja di Pura Taman Ayun adalah Tuhan dalam manifestasinya sebagai Tuhan Wisnu yang istananya terletak di puncak gunung Mangu. Pura ini adalah Pura Paibon atau Pura untuk memuja Leluhur dari Prati Sentana / ahli waris dari Kerajaan Mengwi.
Pura ini sempat hancur karena Gempa Bumi hebat yang terjadi pada 1917 . Perbaikan secara besar-besaran dilaksanakan tahun 1937, dan Pada tahun 1949 dilaksanakan perbaikan terhadap kori agung, gapura bentar, dan pembuatan wantilan yang besar. Candi bentar dan tugu yang tingginya mencapai 16 meter di halaman bagian dalam pura tersebut dibangun sesuai arsitektur Jawa, sedangkan tugu candi yang kecilberupa tempat duduk dari batu berjumlah 64 buah merupakan tugu leluhur jaman megalitikum untuk mengenang para ksatria yang gugur dalam medan perang.
Pura Taman ayun mempunyai luas 100 x 250 m2, terbagi menjadi, pelataran luar dan pelataran dalam. Pelataran Luar terdapat disisi luar kolam, pelataran Dalam di bagi tiga, yang pertama adalah pelataran dalam pertama adalah tempat untuk istirahat sambil menikmati keindahan pura, yang kedua adalah pelataran dalam kedua tempatnya lebih tinggi dari pelataran dalam yang pertama, disini terdapat 9 relief penjaga setiap penjuru mata angin atau menurut kepercayaan Hindu Bali dikenal sebagai Dewata Nawa Sanga, yang ketiga yaitu Pelataran Dalam ketiga, letaknya paling tinggi, pintu Gelung dengan posisi di tengah akan dibuka hanya pada saat upacara sebagai tempat keluar masuknya arca dan peralatan upacara lainnya. Sedangkan dua pintu lagi yang di kiri dan di kanan berfunsi untuk aktivitas keluar masuk kegiatan sehari hari., di sini tempat yang paling utama dan suci, terdapat beberapa candi dan meru yang merupakan tempat pemujaan.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Pura di Bali dengan judul Pura Taman Ayun Mengwi Denpasar Bali. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://pictureinview.blogspot.com/2013/05/pura-taman-ayun-mengwi-denpasar-bali.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Yogi In Bali - Rabu, 29 Mei 2013

Belum ada komentar untuk "Pura Taman Ayun Mengwi Denpasar Bali"

Posting Komentar